Pelatihan Numerasi: Pemanfaatan Tools Online untuk
Pembelajaran Aktif merupakan Pelatihan Mandiri Bersertifikat yang diselenggarakan
oleh Kementerian Agama.
Melalui pelatihan ini peserta akan mempelajari :
A. Pembelajaran Aktif dan Efektif Memanfaatkan TIK
1. Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif
2. Meningkatkan Keterampilan Berpikir dengan Aplikasi Visual
Organizer - Peta Konsep
3. Peta konsep di MindMeister
4. Peta konsep di Padlet
B. Permainan Interaktif untuk Pembelajaran Kooperatif dan
Asesmen Peserta Didik
1. Aplikasi Permainan Interaktif untuk Melatih Kolaborasi
Kemampuan Berpikir dan Komunikasi
2. Slide Master Permainan Interaktif Jeopardy
3. Contoh Slide Permainan Interaktif Jeopardy
4. Aturan Permainan
5. Mengenal Aplikasi Tipe Tertutup dan Terbuka serta
Pemanfaatannya untuk Asesmen Peserta Didik
C. Pembelajaran Berbasis Proyek yang Mengintegrasikan TIK
1. Pemanfatan Aplikasi Pengolah Angka dalam Pembelajaran
Berbasis Proyek
2. Contoh Tabel Data
3. Pemanfatan Aplikasi Infografis untuk Pembuatan Poster
4. Poster Piktochart
Persyaratan
Diutamakan Guru Kelas Awal dan Kelas Tinggi untuk Jenjang
SD/MI
PNS dan Non-PNS Kementerian Agama
Syarat Pangkat/Golongan Ruang : Semua
Syarat Jenis Kelamin : Semua
Syarat Pendidikan Umum : Semua
Berikut ini 20 soal dan Kunci Jawaban Pelatihan Numerasi:
Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif.
1.Bagaimana keuntungan penggunaan tools
online untuk membuat poster digital jika dibandingkan dengan menggambar
langsung?
A Penggunaan tools online sangatiah mudah jika
dibandingkan dengan menggambar langsung di kertas/karton
B Informasi lebih mudah disampaikan dengan menggunakan
poster digital, sedangkan informasi pada poster tradisional cenderung kurang
jelas terlihat
C Pada tools online sudah ada template yang bisa langsung
digunakan, sedangkan jika menggunakan kertas murid harus menggambar dari awal
D Poster digital dapat diunggah pada sosial media,
sedangkan poster tradisional tidak dapat diunggah
Jawaban: C
2. TIK atau tools online hanyalah alat bantu bagi pendidik daigm memberikan pelajaran yang efektif dan efisien. Yang menjadi poin utama dalam pembelajaran adalah...
A Kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran di
kelas
B Kemampuan pendidik dalam mendokumentasikan pembelajaran
C Keterampilan pendidik dalam menggunakan teknologi
D Keterlibatan pendidik dalam komunitas cakap teknologi
Jawaban: A
3.Yang bukan merupakan pemanfaatan tools
online untuk penfbelajaran berbasis proyek adalah...
A Menggunakan aplikasi tertutup untuk mengerjakan soal
asesmen sumatif
B Memanfaatkan mesin pencarian di internet untuk mencari
informasi, data, dan literatur
C Memanfaatkan aplikasi desain grafis dan sosial media
untuk
mengkomunikasikan hasil proyek
D Menggunakan spreadsheet atau aplikasi visual organizer
untuk mengolah informasi dan memetakan masalah
Jawaban: A
4.Yang bukan merupakan manfaat dari
permainan Jeopardy adalah...
A Meningkatkan rasa kompetitif dalam diri peserta didik
B Meningkatkan keterampilan berkomunikasi
C Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
D Meningkatkan kolaborasi antar peserta didik
Jawaban: A
5.Salah satu keuntungan menggunakan tipe
aplikasi tertutup adalah...
A Tidak perlu menggunakan komputer/laptop dan proyektor
B Konten dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan
pembelajaran di kelas
C Pengguna dapat memanfaatkan template dasar untuk
beragam keperluan
D Tidak perlu menyiapkan konten, karena sudah tersedia di
aplikasi
Jawaban: D
6.Pernyataan yang tepat mengenai pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran aktif adalah...
A TKK harus digunakan dalam setiap sesi pembelajaran untuk
semua mata pelajaran
B TIK merupakan alat bantu bagi pendidik untuk menyediakan
pembelajaran yang efektif dan efisien
C Pemanfaatan TIK hanya bisa dilakukan jika satuan
pendidikan memiliki Lab. Komputer
D Sebelum memanfaatkan TIK, pendidik harus menguasai seluruh
aplikasi online yang tersedia dalam perangkat
Jawaban: B
8.Penggunaan spreadsheet untuk pembelajaran
berbasis proyek berfungsi untuk...
A Mengkomunikasikan hasil proyek
B Mengolah informasi dan data yang telah dikumpulkan
C Mencari informasi dan literatur terkait proyek
D Membuat media komunikasi visual
Jawaban: B
7.Yang bukan merupakan kelebihan menggunakan
Padlet dalam pembelajaran adalah...
A Proses dan hasil diskusi tercatat dengan jelas dalam
Padlet
B Peserta didik dapat memberikan masukan pada kelompok
lain kapan saja
C Peserta didik dapat melakukan video call dalam Padlet
D Peserta diidk dapat bertukar ide dengan efisien
Jawaban: C
9. Menggunakan aplikasi permainan interaktif
pada pembelajaran bertujuan untuk...
A Mengalihkan perhatian peserta didik dari pelajaran yang
membosankan
B Meningkatkan motivasi murid dalam mengikuti
pembelajaran
C Memenuhi capaian pembelajaran pada suatu mata pelajaran
D Meningkatkan kesenangan peserta didik pada kegiatan
bermain
Jawaban: B
10.Pernyataan yang tepat mengenai tipe
aplikasi terbuka adalah...
A Contoh aplikasi terbuka adalah 99math
B Pengguna tidak dapat menambah konten dalam aplikasi
tersebut
C Pengguna hanya dapat menggunakan konten yang ada dalam
aplikasi
D Pengguna dapat mengisi dan memanfaatkan template dasar
untuk banyak keperluan
Jawaban: D
11.Permainan Jeopardy dapgt mendukung model
pembelajaran kooperatif, yaitu dengan...
A Melibatkan kompetisi di dalam kelompok
B Melibatkan kerja sama di dalam kelompok masing-masing C
Menjawab pertanyaan yang diberikan guru
D Menggunakan papan permainan
Jawaban: B
12.MindMeister dapat peserta didik
manfaatkan untuk membuat..
A Peta konsep
B Buku cerita
C Poster digital
D Portofolio
Jawaban: A
13.Manfaat dari penggunkan aplikasi tipe
visual organizer dalam pembelajaran di kelas adalah...
A Membantu peserta didik mengolah data hasil wawancara
dan observasi B Membantu peserta didik berbagi hasil pembelajarannya dengan
peserta didik lain
C Membantu peserta didik mendesain poster sebagai produk
pembelajaran
D Membantu peserta didik mengekspresikan ide, konsep, dan
menyampaikan makna
Jawaban: D
14.Romi, murid kelas 5 di SD Bahagia, sedang
melakukan bembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi membaca
murid di sekolah. Data sudah terkumpul, dan guru meminta Romi untuk mengolah
data tersebut dalam spreadsheet. Setelah memindahkan data ke dalam tabel yang
sudah tersedia, apa yang selanjutnya dilakukan Romi?
A Memaknai grafik yang sudah terbentuk secara otomatis
B Memindahkan data dari tabel ke buku catatan
C Mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas
D Melakukan wawancara pada murid SD Bahagia
Jawaban: A
15. Jika Ibu dan Bapak ingin membuat ragam
bentuk pertanyaan sesuai dengan kebutuhan belajar di kelas, maka Ibu dan Bapak
bisa menggunakan aplikasi...
A Math Playground
B Quizizz
C Youtube
D 99math
Jawaban: B
16.Berikut ini yang bukan merupakan manfaat
dari pemanfaatan tools online dalam pembelajaran aktif di kelas adalah...
A Menggantikan budaya luhur dengan budaya barat
B Meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar
C Meningkatkan mutu pembelajaran
D Melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi
Jawaban: A
17.Saat membuat media komunikasi visual
dalam melakukan pembelajaran berbasis proyek, seluruh peserta didik harus
menggunakan tools online yang disarankan oleh guru. Pernyataan tersebut
adalah...
A Benar, agar dapat meningkatkan literasi digital peserta
didik
B Salah, karena menggunakan tools online adalah hal yang
sangat sulit
C Benar, agar tidak ada ketimpangan di antara peserta didik
D Salah, karena setiap peserta didik memiliki cara dan
preferensi masing-masing dalam mengkomunikasikan hasil pembelajaran
Jawaban: D
18.Selain meningkatkan motivasi peserta didik
untuk belajar, permainan Jeopardy juga melatih..
A Kompetisi untuk memperagakan suatu gerakan
B Kerja sama dalam menjawab pertanyaan
C Kemampuan berpikir kritis dalam membuat pertanyaan
D Kompetisi untuk menebak gambar
Jawaban: C
19.Manfaat penggunaan aplikasi desain grafis
daldm pembelajaran berbasis proyek adalah...
A Membantu peserta didik mencari informasi seputar masalah
B Membantu peserta didik mengolah data hasil wawancara
C Membantu peserta didik memetakan masalah
D Membantu peserta didik membuat media komunikasi visual
Jawaban: B
20.Mengapa pemanfaatan TIK dalam
pembelajaran di kelas merupakan hal yang penting saat ini?
A Karena adanya tekanan sosial dari masyarakat dan
lingkungan sekitar B Karena pembelajaran tradisional terlalu membosankan
C Karena adanya tekanan sosial dari masyarakat dan
lingkungan sekitar
D Karena kebutuhan zaman dengan perkembangan teknologi
yang pesat
Jawaban: D
Demikian Kunci Jawaban Pelatihan Numerasi: Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif. . Soal dan kunci jawaban ini tidak mutlak namun semoga dapat membantu peserta dalam memahami materi pelatihan.
0 komentar:
Posting Komentar