Just another free Blogger theme

28 Desember 2023

Kalimat Langsung dan Tak Langsung

 

Pendahuluan

Kalimat langsung dan tidak langsung adalah dua jenis kalimat yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari maupun dalam penulisan karya sastra. Kalimat langsung adalah kalimat yang menirukan ucapan seseorang secara langsung. Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan kembali ucapan seseorang tanpa menirukan secara langsung.

 A.Pengertian Kalimat Langsung

Kalimat langsung adalah kalimat yang menirukan ucapan seseorang secara langsung. Kalimat langsung sering digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk menyampaikan informasi atau pendapat seseorang.

 

Ciri-ciri kalimat langsung adalah sebagai berikut:

  1. Dimulai dengan tanda petik dua (") untuk menandai awal dan akhir kalimat langsung.
  2. Menggunakan kata ganti orang kedua (kamu, kau, engkau) untuk menggantikan orang yang diajak bicara.
  3. Menggunakan kata ganti orang ketiga (dia, ia, mereka) untuk menggantikan orang yang diceritakan.
  4. Menggunakan keterangan waktu dan tempat untuk menunjukkan kapan dan di mana ucapan tersebut disampaikan.


Contoh Kalimat Langsung

    a)       "Aku pergi ke sekolah," kata Ani.

b)      "Apakah kamu sudah mengerjakan tugasmu?" tanya ibu.

c)       "Mereka akan datang ke sini," kata Pak Budi.

d)      "Saya akan membantumu," kata Adi.

B.Pengertian Kalimat Tidak Langsung

 

Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan kembali ucapan seseorang tanpa menirukan secara langsung. Kalimat tidak langsung sering digunakan dalam penulisan karya sastra untuk menyampaikan informasi atau pendapat seseorang secara lebih objektif.

 

Ciri-ciri kalimat tidak langsung adalah sebagai berikut:

    1.       Tidak menggunakan tanda petik dua (").

2.       Menggunakan kata ganti orang pertama (aku, saya) untuk menggantikan orang yang diceritakan.

3.       Menggunakan kata ganti orang kedua (kamu, kau, engkau) untuk menggantikan orang yang diajak bicara.

4.       Menggunakan keterangan waktu dan tempat untuk menunjukkan kapan dan di mana ucapan tersebut disampaikan.

Contoh Kalimat Tidak Langsung

 

a)       Ani mengatakan bahwa dia pergi ke sekolah.

b)      Ibu bertanya apakah saya sudah mengerjakan tugasku.

c)       Pak Budi mengatakan bahwa mereka akan datang ke sini.

d)      Adi berkata bahwa dia akan membantuku.

 

C. Perbedaan kalimat langsung dan tidak langsung dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu:

Aspek

Kalimat Langsung

Kalimat Tidak Langsung

Penggunaan tanda petik

Menggunakan tanda petik dua (") untuk menandai awal dan akhir kalimat langsung.

Tidak menggunakan tanda petik dua (").

Penggunaan kata ganti

Menggunakan kata ganti orang kedua (kamu, kau, engkau) untuk menggantikan orang yang diajak bicara.

Menggunakan kata ganti orang pertama (aku, saya) untuk menggantikan orang yang diceritakan.

Penggunaan keterangan waktu dan tempat

Menggunakan keterangan waktu dan tempat untuk menunjukkan kapan dan di mana ucapan tersebut disampaikan.

Menggunakan keterangan waktu dan tempat untuk menunjukkan kapan dan di mana ucapan tersebut disampaikan.

 

Kesimpulan

Kalimat langsung dan tidak langsung adalah dua jenis kalimat yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari maupun dalam penulisan karya sastra. Kalimat langsung menirukan ucapan seseorang secara langsung, sedangkan kalimat tidak langsung melaporkan kembali ucapan seseorang tanpa menirukan secara langsung.

 

Latihan Soal

 

1.Manakah kalimat yang termasuk kalimat langsung?

     A.      "Saya akan pergi ke pasar," kata ibu.

B.      Ibu mengatakan bahwa dia akan pergi ke pasar.

C.      Dia akan pergi ke pasar, kata ibu.

D.      Ibu berkata bahwa saya akan pergi ke pasar.

 

2. Manakah kalimat yang termasuk kalimat tidak langsung?

     A.      "Aku pergi ke sekolah," kata Ani.

B.      Ani mengatakan bahwa dia pergi ke sekolah.

C.      Ani berkata bahwa dia pergi ke sekolah.

D.      Ani mengatakan bahwa saya pergi ke sekolah.


Perhatikan kalimat berikut!

 "Aku akan membantumu," kata Adi.

 3. Kalimat tersebut bila diubah menjadi kalimat tidak langsung menjadi ...

A. Adi mengatakan bahwa dia akan membantuku.

B.Adi berkata bahwa dia akan membantuku.

C.Adi mengatakan bahwa saya akan membantumu.

D.Adi berkata bahwa saya akan membantumu.


Perhatikan kalimat berikut!

"Apakah kamu sudah mengerjakan tugasmu?" tanya ibu.

 4.  Kalimat tersebut bila diubah menjadi kalimat tidak langsung menjadi ...

Ibu bertanya apakah saya sudah mengerjakan tugasku.

Ibu bertanya apakah kamu sudah mengerjakan tugasmu

 

Selamat Anda berhasil memahami kalimat langsung dan tidak langsung

Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar