Just another free Blogger theme

9 Desember 2018


Teka Teki Silang (TTS),Alternative Media Pembelajaran yang Menyenangkan

Guru memegang peran penting dalam keberhasilan proses pembelajaran . Semua  kegiatan yang berlansung  di dalam kelas sepenuhnya tanggung jawab guru sehingga keberhasilan atau kegagalan kelas tersebut ditentukan oleh guru . Tetapi karena Keterbatasan guru dalam memilih media untuk menyampaikan materi pelajaran sering menjadi salah satu kendala terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.
Pada umumnya guru  mengajar selalu menggunakan metode ceramah, padahal tidak semua materi bahan ajar cocok disampaikan dengan menggunakan metode ceramah saja. Pernggunaan metode ceramah yang terus menerus DAPAT menyebabkan kejenuhan pada siswa.Siswa merasa tidak tertarik dan tertantang mengikuti pelajaran .Hal itu dapat menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai . Maka guru sebaiknya selalu mencari alternative media untuk menciptakan berbagai variasi proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat menarik dan menantang kreatifitas sekaligus menyenangkan bagi siswa adalah  menggunakan  Teka Teki Silang (TTS) sebagai media dalam pembelajaran. 
Teka teki silang merupakan sebuah permainan.Cara bermainnya tidak sulit yaitu dengan mengisi ruang-ruang kosong yang berbentuk kotak dengan huruf-huruf sehingga membentuk sebuah kata yang sesuai dengan petujuk . Selain itu mengisi teka-teki silang atau biasa disebut dengan TTS memang sungguh sangat mengasikan. Permainan ini sangat bermanfaat ,selain dapat menambah pengetahuan siswa, TTS berguna untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata bagi siswa.  
TTS juga berguna untuk menambah pengetahuan kita yang bersifat umum dengan cara santai. Melihat karakteristik TTS yang santai dan lebih mengedepankan persamaan dan perbedaan kata , maka sangat cocok dipergunakan sebagai sarana  latihan mengerjakan soal-soal  materi pelajaran. TTS juga dapat dimanfaatkan untuk memancing daya pikir siswa untuk menemukan kosa kata baru .Dengan demikian pembelajaran yang diberikan oleh guru dapat bervariasi dan tidak monoton  berupa pertanyaan-pertanyaan baku saja.
Teka-Teki Silang bukan hal yang baru karena sudah dikenal oleh hampir semua generasi. Oleh karena itu TTS dapat digunakan di semua jenjang mulai dari SD sampai SLTA bahkan di Perguruan tinggi. Cara pembuatan media inipun tergolong tidak sulit dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena Bapak /Ibu sudah mempunyai laptop.

Instan Toko Online
Sebelum mulai membuat teka teki ini Bp/Ibu harus mendownload softwer Eclipse Crossword. Selanjutnya instal di komputer Bapak / Ibu guru dengan melakukan double klik (di klik dua kali). Dalam waktu beberapa detik, program EclipseCrossword telah terinstal di komputer/laptop Bapak/Ibu dan sofwer eclipse crossword siap digunakan. Namun sebelum memulai membuat TTS sebaiknya Bapak/Ibu menyiapkan soal dan jawan terlebih dahulu.
Berikut langkah-langkah membuat TTS :
1.      Buka aplikasi pada menu Start --> All Programs --> EclipseCrossword di pojok kiri bawah layar windows .  
2.      Setelah terbuka program EclipseCrossword Pilih I would like to start a new crossword. Lalu klik tombol Next di bagian bawah sebelah kanan.
3.      pada halaman berikutnya. Silakan pilih Let me create a word list from scratch now, lalu klik tombol Next
4.      Ketik jawaban yang anda inginkan -->  ketik soal/petunjuk/clue--> klik tombol Add word to list untuk menambahkan jawaban dan soa berikutnya. Ulangi proses ini sampai anda mempunyai semua kata yang anda inginkan masuk di dalam teka-teki silang Anda
Tips: Masukkan kata-kata dengan jumlah huruf bervariasi. Gunakan istilah-istilah khusus dalam mata pelajaran yang Bapak/Ibu ajarkan.
5.      Tidak ada batasan jumlah kata, tetapi sebaiknya cukup banyak kata untuk membuat TTS terlihat bagus dan rapat (kata-kata saling bersilang)
6.      Setelah anda mengklik tombol Next, maka Anda akan dibawa pada jendela Pop Up Save Word List. --> Beri nama file daftar kata anda (dalam ekstensi file  .ewl) --> klik Save.
7.      Setelah anda menyimpan file berekstensi .ewl tersebut maka akan muncul kembali halaman program Eclipse Crossword yang meminta Anda member nama atau memberi judul Teka-Teka Silang (TTS) Anda --> tulis judul/nama TTS   --> klik tombol Next. 
8.      Setelah itu akan muncul halaman untuk menentukan ukuran TTS (teka teki silang). Secara default ukurannya adalah tinggi 25 huruf dan lebar 25 huruf. Tetapi kuran dapat disesuaikan berdasarkan selera Anda.  Misalnya mengetik 20 x 20. Lalu klik tombol Next
9.      Bila diperlukan, Anda dapat melakukan pengaturan tambahan melalui menu Option di bawah layar. Lalu klik tombol Next.
10.  Untuk memudahkan pencetakan (print), disarankan memilih menu Save  crossword, Berilah nama file TTS Bapak/Ibu kemudian klik save. Dan file TTS Bapak/ibu sudah tersimpan di komputer .Terakhir bukalah filenya untuk dicetak/diprint.

Selamat mencoba,semoga bermanfaat.


                        Rahasia Mendidik Anak Sholeh Berkarakter Islami                                   



DownloadAplikasi EclipseCrossword di SINI






Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar