TES PENJAJAGAN HASIL BELAJAR SISWA (TPHBS)
PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program :
IPA, IPS
Hari, tanggal :
......... 2016
Waktu :
120 menit
PETUNJUK UMUM
1.
Isikan
identitas Anda ke dalam lembar jawaban yang tersedia menggunakan pensil 2B
2.
Hitamkan
bulatan di depan nama mata pelajaran
3.
Periksa
dan bacalah soal-soal sebelum Anda kerjakan
4.
Laporkan
kepada pengawas TPHBS apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak
atau tidak lengkap
5.
Periksa
pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
PETUNJUK
KHUSUS
Pilih satu
jawaban yang paling tepat dengan mengarsir lingkaran ( ¡)
huruf A,B,C,D atau E pada lembar jawab yang tersedia.
1.
Bacalah
paragraf di bawah ini dengan saksama!
Di
mata para remaja, sosok pahlawan adalah ibu mereka. Namun, dalam pembangunan,
kualitas perempuan yang memengaruhi generasi muda itu masih tertinggal. Hari
Ibu, pada 22 Desember ini dapat menjadi momentum
meningkatkan kualitas perempuan.
Kompas, 22
Desember 2015
|
Makna
kata momentum dalam paragraf tersebut adalah ....
a.
waktu
yang mudah
b.
waktu
yang senggang
c. saat yang tepat
d.
saat
pergantian
e.
saat
peralihan
2.
Bacalah
paragraf di bawah ini dengan saksama!
Bencana erupsi gunung
api, banjir, longsor, kemarau serta asap akibat kebakaran lahan dan hutan di
negeri ini sepanjang tahun 2015 datang silih berganti. Bencana yang datang
secara beruntun di berbagai pelosok Nusantara itu tidak hanya menyisakan
tragedi kemanusiaan, tetapi juga menimbulkan kerugian ekonomi nasional yang
tidak kecil serta penurunan produktivitas petani dan masyarakat.
Kompas, 22
Desember 2015
|
Informasi
yang ingin disampaikan dalam paragraf tersebut adalah ...
a.
Bencana
beruntun menyisakan tragedi kesehatan masyarakat di sekitar tempat kejadian
bencana.
b.
Bencana beruntun mengakibatkan tragedi kemanusiaan dan
penurunan ekonomi
masyarakat.
c.
Tahun
2015 merupakan tahun bencana bagi masyarakat Indonesia yang masih belum
teratasi.
d.
Tahun
2015 merupakan tahun datangnya bermacam-macam bencana yang sangat menakutkan.
e.
Bermacam-macam
bencana yang datang pada tahun 2015 merupakan akibat ulah manusia.
3.
Bacalah
penggalan cerpen berjudul ‘Jenggo’ karya Putu Wijaya dengan saksama!
(1)“Saya
setuju dengan Bu RT, menjadi pahlawan itu bisa dengan banyak cara. (2)Jaga
warung sumber nafkah keluarga, misalnya, atau jadi warga yang baik, tidak
ikut-ikutan narkoba. (3)Kenapa harus jauh-jauh mencarai kepahlawanan kalau di depan mata
saja sudah ada wadahnya?”
Bu
RT langsung lapor suaminya. (4)“Saya heran, Pak, Jenggo itu kan orangnya
lemah lembut. (5)Jangankan berperang, mbunuh
nyamukpun ia tidak mau, kalau tidak terlalu perlu. Bagaimana bisa memanggul
senjata, lihat, memanggul pacul kalau masyarakat lagi kerja bakti saja, ia
sering diketawain, karena kelihatan kikuk!” (majas klimak)
|
Kalimat
yang bermajas dalam penggalan cerpen tersebut adalah kalimat nomor ....
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
4.
Bacalah
puisi di bawah ini dengan saksama!
ADHA
IMRAN
Dalam Sajak
Kusimpan diriku dalam
sajak
kata-kata mengelak,
mengusir
ke jantung debu
Aku
bukan pesuruh
Kucari remah diriku
dalam sajak
kata-kata tegak
membuka pintu
mematikan lampu
Aku
pengicuh
Kulupakan diriku dalam
sajak
kata-kata memanggul
tubuhku
sepanjang jalan
memanggilmu
Lamma
sabakhtani ....
Kompas, 25 Oktober 2015
|
Gambaran
isi puisi tersebut yang
tepat adalah ....
a.
Penolakan lingkungan terhadap seseorang
b.
Penyiksaan
seseorang oleh lingkungannya
c.
Pembuangan
seseorang oleh masyarakatnya
d.
Penghukuman
orang nakal oleh tetangganya
e.
Penghakiman
orang jahat oleh pemimpinnya.
5. Deretan
kalimat di bawah ini yang menggunakan istilah dengan tepat
adalah ...
a.
Garis
kemiskinan di DIY naik cukup signifikansi
sebesar 7,16% hingga Maret 2015 dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama.
b.
Oleh
karenanya berbagai pihak mulai mensolusikan
untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut.
c.
Jika tidak berhasil menemukan jalan keluarnya, tidak tertutup
kemungkinan akan muncul ekses di masyarakat DIY.
d.
Jika
berhasil mengatasi penyebab kemiskinan, kami yakin tidak akan bereksesi di masyarakat.
e.
Karena
tidak terjadi terdegradasi peringkat
kemiskinan, pemerintah akan mendapat
pujian dari masyarakatnya.
6.
Bacalah
kalimat berikut ini dengan saksama!
Bagi siswa yang hari
ini piket, setelah pembelajaran selesai, harap dimatikan LCD.
|
Kesalahan
penggunaan kata dalam kalimat tersebut adalah ....
a.
Kata ‘bagi’ dihilangkan, kata ‘dimatikan’ diganti dengan kata ‘mematikan’.
b.
Kata
‘siswa’ dihilangkan, kata ‘dimatikan’ diganti dengan kata ‘mematikan’
c.
Penggunaan
kata ‘yang’ tidak tepat sehingga
menyebabkan kalimat itu tidak baku
d.
Penggunaan
kata ‘dimatikan’ diganti, karena
menyebabkan kalimat tidak standar
e.
Penggunaan
kata ‘dimatikan’ diganti,
karena menyebabkan kalimat
tak bersubjek.
7.
Bacalah
kalimat majemuk berikut ini dengan saksama!
Bobby
mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada Presiden Joko Widodo lantaran Jokowi dianggap mampu
mengakomodir kebutuhan para insinyur.
Tribun Jogja, 13 Desember 2015
|
Penggunaan
konjungsi yang tepat untuk kalimat majemuk tersebut adalah ....
a.
ketika
b.
sehingga
c.
oleh
karena itu
d.
oleh
sebab itu
e.
karena
8.
Bacalah
paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Ada
beberapa alasan mengapa seniman yang lebih dikenal dengan nama Jim Supangkat
ini mendapatkan penghargaan Lifetime
Achievement Art Award. (2)Di antaranya adalah eksistensi Jim sebagai
seorang penulis, juru bicara sekaligus pebela garis depan seni rupa Indonesia.
(3)Gagasan dan ide adalah latar
belakang dari gebyar pameran seni rupa. (4)Seniman kelahiran Jongaya, Sulawesi Selatan, 2
Mei 1948 dikenal sebagai motor perubahan yang memperluas lanskap seni rupa
Indonesia dari sekadar lukisan dan patung. (5)Ia juga tercatat sebagai orang
pertama di Indonesia yang mengaku diri sebagai kurator, ia orang pertama yang
menyelenggarakan pameran berskala internasional pada tahun 1995 , yaitu
“Pameran Seni Besar Negara-negara Nonblok.
Tribun Jogja, 13 Desember 2015
|
Kalimat
yang tidak mendukung kalimat utama dalam
paragraf tersebut adalah
kalimat nomor....
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
9.
Bacalah
paragraf di bawah ini dengan saksama!
Ya
Sehat, Ya Gembira
Kepak
sayap merpati yang terbang ke sana ke mari
mengiringi gerak peserta Yoga Gembira. Mereka yoga bersama-sama sambil
dibelai embusan udara pagi yang segar, di tengah hijaunya suasana Taman
Suropati, Jakarta.
Siapa
saja boleh ikut Yoga Gembira, kegiatan yang kemudian menumbuhkan komunitas.
Tidak ada pendaftaran dan keanggotaannya sangat cair. Tidak ada pungutan
biaya. Peserta diperkenankan memberikan sumbangan sukarela, setelah terkumpul
akan disalurkan kepada korban bencana. Misalnya, mereka pernah mengirimkan bantuan
untuk korban bencana longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, beberapa waktu
yang lalu.
Kompas, 25 Oktober 2015
|
Arti
kata yoga dan komunitas
dalam paragraf tersebut
yang tepat adalah ....
a.
Senam pernapasan, pikiran, badan untuk kesehatan rohani dan
jasmani; paguyuban.
b.
Senam membesarkan otot lengan dan paha supaya kuat
menahan beban; geng.
c.
Latihan fisik yang memerlukan tenaga kuat untuk bela
diri; kelompok.
d.
Olah batin yang berbau mistik untuk penangkal santet;
lingkungan.
e.
Olah batin dan fisik untuk menangkal roh jahat;
ekosistem.
10. Bacalah paragraf berikut ini dengan
saksama!
Antusiasme
masyarakat untuk menonton film dokumenter belakangan ini tak lepas dari
semakin mudahnya mengakses terhadap film jenis ini. Di Yogyakarta setiap
Desember selalu digelar Festival
Film Dokumenter(FFD). Festival ini tentunya menjadi salah satu
corong bagi masyarakat untuk mengakses film dokumenter.
Tribun Jogja, 13 Desember
2015
|
Penggunaan
kata yang kurang tepat adalah ....
a.
untuk,
corong
b.
festifal,
film
c.
antusiasme,
tak
d.
terhadap, selalu
e.
mengakses,
dokumenter
11. Bacalah
beberapa kalimat di bawah ini dengan saksama!
(1) Prof.
Dr. Asdi Saridal Dipodjojo adalah salah satu mantan dosen FPBS IKIP
Yogyakarta.
(2) Dr, Mundilarno, M,Pd, (penggunaan tanda koma)adalah salah
satu dosen Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
(3) Prof.
Drs. Soeparno adalah dosen mata kuliah Perbandingan Bahasa Nusantara.
(4) Prof.
Arma Abdoelah, M.Sc. adalah mantan Rektor IKIP Yogyakarta di era 80-an.
(5) Prof.
Drs. Sarjono adalah mantan Dekan FPBS IKIP Yogyakarta di era 80-an.
|
Penggunaan tanda yang tidak sesuai dengan EYD adalah terdapat dalam
kalimat ...
a.
(1)
b. (2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
12.
Bacalah penggalan artikel berikut dengan saksama!
Aktivitas Gunung Bromo di Jawa Timur mulai menunjukkan
penurunan, yang ditandai dengan berkurangnya amplitudo gempa tremor. Meski
demikian, Bromo masih berstatus Siaga dan mengeluarkan abu letusan.
Pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) , Sabtu dan
Minggu (3/1), seperti disampaikan Staf Ahli Kebencanaan Kementerian Energi
dan Sumber Daya Mineral Surono, Gunung Bromo terus mengeluarkan asap kelabu
dengan ketinggian sekitar 1.500 meter dari puncak. Hujan abu tipis terjadi di
Pos Pengamatan Gunung Bromo, sedang gempa tremor tercatat beramplitudo
rata-rata 5 milimeter (mm).
Kompas, 4
Januari 2016
|
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
a.
Pemantauan aktivitas Gunung Bromo oleh PVMBG.
b.
Penurunan ditandai dengan berkurangnya amplitudo gempa
tremor.
c.
Aktivitas Gunung Bromo mulai menunjukkan
penurunan.
d.
Bromo masih berstatus siaga dan mengeluarkan abu letusan.
e.
Gunung Bromo terus-menerus mengeluarkan asap kelabu .
13.
Bacalah kalimat berikut ini dengan saksama!
“Karena tidak pernah masuk dalam daftar buron, Yingluck
dipersilakan kembali ke dalam negeri seusai bepergian,” kata juru bicara
militer Thailand, Kolonel Winthai Suvaree, dalam konferensi pers kemarin.
|
Yang merupakan inti kalimat tersebut adalah ....
a.
Tidak pernah masuk daftar buron
b.
Yingluck dipersilakan kembali
c.
Kembali ke dalam negeri
d.
Kata juru bicara militer Thailand
e.
Keterangan Kolonel Winthai.
14. Cermatilah
teks berikut!
Chief Executive Officer (CEO) PT Metropolitan Retailmart
Raj Kaul mengatakan, “Kolaborasi Metro Departement Store dan Bank Mega
merupakan strategi terintegrasi dari perusahaan grup CT Corpora. Keuntungan
hemat belanja 10 % tanpa minimum transaksi menguntungkan pelanggan setia
Metro yang mempunyai kartu kredit Bank Mega, berlaku sepanjang tahun, bahkan
sebagai tambahan diskon dari penawaran lainnya yang sedang berlangsung.
Sementara itu, Direktur Kartu Kredit dan Loan PT Bank
Mega Tbk Dodit Wiweko Probojati mengatakan, “Adanya kerja sama ini tentu saja
memberikan benefit tambahan yang
luar biasa bagi nasabah kartu kredit Bank Mega yang saat ini berjumlah
sekitar 2 juta kartu, yaitu kegiatan pemenuhan kebutuhan lifestyl dan sehari-hari menjadi lebih mudah dan menyenangkan.”
Kompas, 22 Desember
2015
|
Frase yang merujuk terhadap isi paragraf sebelumnya
adalah ….
a.
sebagai tambahan
b.
dari penawaran
c.
sementara itu
d.
kerja sama ini
e.
saat ini
15. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Menurut penelitian yang dilakukan
badan antariksa Amerika Serikat ( NASA ), di planet Mars ditemukan unsur
dasar kehidupan. (2)Unsur-unsur
tersebut adalah Nitrogen, Hidrogen,
Oksigen dan Carbon.
(3)Di
bumi unsur-unsur tersebut
merupakan kebutuhan dasar mahluk hidup. (4)Di samping untuk kelangsungan
kehidupan, unsur nitrogen merupakan
unsur penyubur tanah, yang merupakan sumber kehidupan. (5)Dengan demikian
keberadaan keempat unsur tersebut sebagai penanda adanya kehidupan.
|
Yang merupakan simpulan isi paragraf
tersebut adalah kalimat nomor ....
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e. (5)
16. Bacalah
dengan cermat penggalan cerpen
berikut ini!
SOVENETTE
(oleh: Warih Wisatsana)
Begitu kesal
dan marahnya, kuputuskan malam ini juga menemui si tua tukang reparasi
arloji. Ingin kuluapkan seluruh emosiku.
“Permisi,
apakah ada orang?” pekikku tertahan.
Sejenak
hening. “Ya, ada apa anak muda?” jawab seorang di balik lemari penuh arloji
itu. Lelaki tua itu muncul begitu saja. Ruang remang, hanya ada lampu kecil
yang menyorot tangannya, kosong tanpa sesuatu.
Menahan
jengkel, “Bagaimana ini, Bapak. Jarum jam savonette saya kumat lagi seperti
dulu. Apakah sewaktu diperbaiki, kurang kencang menyetelnya?” tukasku ketus.
Nadanya masih datar tak berubah, “Ya, mari, aku akan
lihat dulu, “ timpak si tua.
Kompas, 27 Desember 2015
|
Penyebab konflik penggalan cerpen tersebut
adalah ....
a.
Si tua tukang arloji yang lambat memperbaiki arloji si
anak muda.
b.
Sikap
anak muada yang tidak menghormati tukang arloji.
c.
Arloji si anak muda sudah terlalu tua sehingga sulit
diperbaiki.
d.
Pertanyaan si anak muda tidak segera dijawab oleh tukang
arloji.
e.
Servis arloji si anak muda oleh tukang arloji
tua belum betul.
17. Bacalah penggalan cerpen berikut
dengan saksama!
Bagian
evaluasi :
Derajat keluarga Azrial
memang seumpama lurah tak berbatu, seperti sawah tak berpembatang,
tak ada yang bisa diandalkan. Tetapi tidak patut rasanya Mangkudun memandangnya dengan sebelah mata. Maka, dengan berat hati Azrial melupakan Renggogeni. Ia hengkang dari kampung, pergi membawa luka hati.
Bagian koda:
Dua
hari sebelum kenduri berlangsung, Azrial, anak laki-laki Makaji datang dari Jakarta. Ia pulang untuk menjemput Makaji. Kini, juru masak itu sudah berada di Jakarta, mungkin tak akan kembali, sebab ia akan menghabiskan hari tua di dekat anaknya. Orang-orang Lareh Panjang akan kehilangan juru masak handal yang
pernah ada di kampung itu. Kabar kepergian Makaji sampai juga ke telinga pengantin baru Renggogeni. Perempuan itu dapat membayangkan betapa terpiuhnya perasaan Azrial
setelah mendengar kabar kekasih pujaannya
telah dipersunting lelaki lain.
Juru Masak, Damhuri Muhammad
|
Dilihat dari rangkaian cerita, dapat
disimpulkan bahwa ...
a. Kedua bagian cerpen tersebut tidak
berhubungan.
b. Kepergian Makaji ke Jakarta akibat
dipandang sebelah mata oleh Mangkudun.
c. Kedua
bagian tersebut saling berkaitan, bagian koda dipengaruhi bagian evaluasi.
d. Kedua bagian memberi pelajaran
berharga bagi kehidupan manusia.
e. Bagian evaluasi dipengaruhi oleh
bagian koda.
18. Bacalah dengan saksama teks eksposisi di bawah ini dengan
saksama!
Saat ini politik Indonesia sedang ...
wacana di media. Layaknya gula yang sedang dikelilingi semut. Media
selalu memberitakan kondisi politik di Indonesia dengan gamblang.
Media memberitakan kondisi ... Indonesia
yang saling memperebutkan kekuasaan. Para pejabat yang memiliki kekuasaan
telah melupakan masyarakat. Janji-janji yang dahulu dibuat para pejabat
justru dilupakan
seiring dengan kursi kekuasaan yang diperoleh. Seolah tidak menerima dengan
kemenangan sang musuh, mereka berusaha mencari kesalahan untuk dapat
menggulingkan.
... di
Indonesia sangat memprihatinkan. Para pejabat masih saja sibuk mengurusi
kursi jabatannya. Mereka melupakan soal rakyat dengan mudah.
|
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi bagian yang
rumpang tersebut adalah ....
a.
kompromi, wacana, iklim politik
b.
suksesi, abdikasi, signifikan
c.
intimidasi, berkompetisi, publikasi
d.
akomodasi, konfimasi, publisistik
e. mendominasi, elit politik, kondisi politik.
19. Bacalah
paragraf deskripsi rumpang di bawah ini dengan cermat!
Setiap
hari Ruthy melewati jalan di depan rumahku. Biasanya sekitar pukut 6.35 dia
mulai terlihat di ujung gang. Sepanjang jalan dia akan menyapa siapapun yang
ditemuinya. ... “Selamat pagi!” begitu kata yang selalu dia
ucapkan sambil tersenyum dengan ramah. Namun, entah mengapa pagi itu, sudah
pukul 6.45 dia tidak juga tampak di ujung gang dengan seragam sekolahnya.
Apakah mungkin kejadian kemarin sudah membuatnya kehilangan semangat?
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
a.
Dia
juga akan tersenyum kepada siapapun.
b.
Biasanya
dia berjalan dengan sangat anggun.
c.
Ruthy memang kukenal sebagai gadis yang sangat ramah.
d.
Dia
tidak pernah menolak siapapun yang meminta bantuan.
e.
Hanya
ada satu orang yang dia tidak mau menyapanya.
20. Cermati
paragraf
narasi rumpang berikut!
...
Ketika kaki kuda-kudaanku patah, ibu sendiri yang memakunya kembali. Ketika
sekring lampu, atau setrikaan rusak, ibu yang membongkar – pasangnya. Ketika
tempat tidurku basah terkena tetesan air hujan dari langit-langit yang
menganga, naiklah ibu ke para-para dengan paku dan palu ditangannya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi
tersebut adalah ….
a.
Sejak
aku di Taman Kanak-Kanak.
b.
Kedua teman lama itu berbicara.
c.
Mereka
berbicara bahasa Belanda.
d.
Ibu bisa menjadi siapa saja.
e.
Ibu, perempuan yang tidak cengeng.
21. Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Istri Tukang Cukur :
“Cahaya matamu, raut wajahmu, memberiku isyarat
bahwa
kau sedang memikirkan sesuatu. Katakanlah pada Ibu.”
Rabiah : “Aku berpikir
tentang ayah. Aku berpikir tentang
ayah,
Bu! Terus-menerus pikiran ini menggangguku.”
Istri Tukang Cukur : “Apa yang salah dengan
ayahmu, Nak?”
Rabiah : (Sejenak tidak menjawab, Ia berdiri
perlahan,
melangkah ke depan mendekati pot-pot bunga, lalu mendekat sambil memandang ibunya) “Bu,
mengapa Bapak menjadi tukang cukur?”
Istri Tukang Cukur :
“Mengapa kau bertanya begitu?” (terkejut) “Apakah
salah
ayahmu bekerja sebagai tukang cukur?” (berdiri tegak)
Rabiah :
“Orang-orang, teman-teman, semua mengejekku
dengan kata-kata anak si tukang
cukur’!”
Istri
Tukang Cukur :
“ ... ”
(Kado
Perkawinan, Hamsad Rangkuti)
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog terakhir dari istri tukang cukur
adalah ....
a.
“Kau risau?”
b.
“Kau heran?”
c.
“Kau senang?”
d.
“ Kamu malu ?”
e.
“Kamu bingung?”
22. Bacalah dengan saksama penggalan ulasan di bawah ini!
Wujud dalam Tembang
Sastra etnik yang terwujud dalam
tembang etnik (dalam bahasa Jawa Kawi:sastra gending) telah membawa beban
berat mengenalkan kearifan lokal kepada dunia-dunia yang disinggahinya. Sebut
saja misalnya kearifan lokal sebuah sungai yang dikemas dalam sastra lalu
menyatu dengan tembang etnik seperti Sungai Bengawan di Solo yang digarap
menjadi apik oleh Gesang dan Kali Elo di Banyuwangi yang dikarang oleh BS
Noerdiyan dan Andang CY, serta Kali Grindulu yang mewujud lagu merdu dan brand Kabupaten Pacitan telah mewujud
menjadi tembang yang menerbangkan eksistensi lokal kepada dunia luar. Sastra
gending yang mewujud dari sastra etnik telah rela mengabarkan kepada dunia
dengan bebas tanpa beban. ...
Kompas, 25 Oktober 2015
|
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi bagian rumpang penggalan esai tersebut adalah ...
a. Ia telah berjasa besar kepada masyarakat etnis dan menggugah kesunyian alam dalam
rangka memperkuat ikon kebudayaan melalui geliat sastra etnik.
b. Sastra
etnik sulit mendunia karena banyaknya tradisi yang harus diemban dan
disesuaikan dengan sastra dunia.
c. Walaupun
dapat membawa sastra etnik ke kancah dunia, tetapi tidak dapat terkenal seperti
sastra asing.
d. Sastra
etnik yang bergabung dengan sastra dunia lambat laun akan terpinggirkan karena
level yang berbeda jauh.
e. Sastra
etnik yang terwujud dalam tembang akan mengalami hambatan dalam kancah dunia
karena akan terganjal oleh instrumennya.
23. Perhatikan dengan teliti prosedur kegiatan di bawah ini!
Pertama : Tancapkan
kabel laptop Anda ke stop kontak listrik!
Kedua : Tekan
tombol power pada laptop Anda!
Ketiga : Klik tombol “start”
Keempat : ....
Kelima : Setelah muncul tampilan
kosong dengan 1 kursor, mulailah menulis kata/kalimat yang diinginkan.
|
Untuk mengisi kegiatan keempat yang
kosong yang tepat adalah ....
a.
Klik tombol “copy”
b.
Klik tombol “cut”
c.
Klik tombol “format painter”
d. Klik tombol “Microsoft Office Word”
e.
Klik tombol “paste”
24. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama !
Para
pengembang di beberapa kota besar kini berkompetisi bisnis properti yang
semakin keras dan penuh inofasi di
lapangan. Para
pengembang berusaha optimal meraih kinerja yang pantasi dan
penghasilan yang sangat sepektakuler. Mereka mengembangkan antara lokasi, desain, integritas
perusahaan, dan membangun sendiri inprastruktur.
|
Perbaikan kata bercetak miring yang tepat dalam paragraf di atas adalah ....
a.
Inopasi, fantasi, spektakuler, invrasetruktur
b.
inopasi, vantasi, sepektakuler, imprastuktur
c. inovasi, fantastis, spektakuler, infrastruktur
d.
inofasi, fantasi, spektakuler,innprastruktur
e.
innovasi, vantasi, spektakuler, invrastruktur
25. Bacalah paragraf rumpang di bawah ini dengan saksama!
Pembatasan masa kerja Komisi ... Korupsi (KPK) menjadi dua belas tahun merupakan pengerdilan. ... para koruptor luar biasa dalam
melemahkan KPK bisa menempuh berbagai jalan. Boleh dikatakan, lengah sedikit
saja bisa berbahaya bagi masyarakat yang menginginkan ... . Semoga para petinggi KPK tidak tergoyahkan oleh godaan yang
bertubi-tubi ... kewibawaannya.
|
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah
....
a.
pembrantasan, berontakan, pengadil, memrorong
b.
pemberantas, pemberontak, peradilan, menrongrong
c.
pembrantas, pemberontakkan, pengadilan, merorong
d. pemberantasan, pemberontakan, keadilan,merongrong
e.
penberantasan, pembrontakan, peradilan, mengrongrong
26. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Para demonstran menggaris bawahi
agar pelimpahan
kekuasaan dilakukan oleh pemerintah bukan oleh raja. Pihak keluarga raja menghendaki
pelimpahan kekuasaan dilakukan oleh pihak raja yang sedang berkuasa supaya ber kesinambungan. Tetapi
rupanya kedua belah pihak tidak menemukan titik temu, semua itu disebabkan ketidak tahuan cara menyelesaikan
masalah. Kedua belah pihak
tidak mau bekerjasama menyelesaikan
masalah yang terkait dengan kerajaan yang stagnan. Akhirnya ke dua belah pihak memilih menempuh jalan sendiri yang
mereka yakini dapat menemukan cara memimpin kerajaan yang harmonis.
|
Penulisan kata bercetak miring yang
tepat adalah ....
a.
menggaris-bawahi, berkesinambungan, ketidaktahuan,
bekerjasama, keduabelah pihak.
b.
meng-garisbawahi, berkesinambungan, ke-tidaktahuan,
berkerja sama, kedua belahpihak.
c.
menggaris bawahi, ber-kesinambungan, ketidak-tahuan,
bekerja-sama, kedua belah-pihak.
d.
meng-garis bawahi, berkesinambungan, ketidak-tahuan,
berkerja sama, ke dua belah pihak.
e.
Menggarisbawahi, berkesinambungan,
ketidaktahuan, bekerja sama, kedua belah pihak.
27. Penulisan daftar pustaka berikut ini yang sesuai dengan
EYD adalah ....
a.
Arifin, Zaenal,dkk.: 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta :
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
b.
Arifin, Zaenal,dkk.; 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta :
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
c.
Arifin, Zaenal,dkk., 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta :
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud:
d.
Arifin, Zaenal,dkk. 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta : Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa Depdikbud.
e.
Arifin, Zaenal,dkk.: 1992 : Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame : Jakarta :
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
28. Cermati
dua teks di bawah ini dengan teliti!
SEJARAH HARI BURUH
|
PERISTIWA PEMBENTUKAN ASEAN
|
Hari
Buruh yang dikenal juga dengan sebutan May
Day dirayakan setiap 1 Mei. Di beberapa negara Hari Buruh dijadikan hari
libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan
keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari buruh ini lahir dari
rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886 terjadi demonstrasi kaum buruh
Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor
Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh
kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen
tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga
memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif
di era tersebut.
|
Sebelum
terbentuknya ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah
melakukan berbagai upaya untuk membentuk kerja sama regional di kawasan ini
seperti ASA (Association of Southeast Asia), Maphilindo (Malaya, Philipina,
Indonesia), dan SEAMEO South East Asian Ministers of Education Organization),
maupun dengan negara di luar kawasan ini, seperti SEATO (South East Asia
Treaty Organization) dan ASPAC (Asia and Pasific Council). Komunikasi
antarnegara Asia Tenggara dengan negara di luar kawasan tersebut telah berkembang dalam ECAFE
(Economic Commision for Asia and the Far East), Colombo Plan, dan KAA
(Konfrensi Asia Afrika)
|
Hasil membandingkan isi kedua teks tersebut
adalah ....
a.
Penetapan
Sejarah Hari Buruh berupa fakta sedangkan Sejarah Pembentukan ASEAN berupa
opini dan angan-angan.
b.
Penetapan Sejarah Hari Buruh penuh perjuangan dan konflik dari kelas
pekerja sedangkan Sejarah
Pembentukkan Asean berjalan dengan cara damai.
c.
Kedua
teks tersebut sama-sama menuai konflik untuk memperjuangkan tujuan yang akan
dicapai oleh pelakunya.
d.
Tiap
teks tersebut sama-sama hanya memperjuangkan satu organisasi yang berbeda
anggota.
e.
Tiap
teks tersebut memperjuangkan tujuan yang berbeda, yaitu organisasi nirlaba dan
organisasi bersifat
bisnis.
29. Bacalah dengan cermat kedua teks di bawah ini!
TEKS 1
|
TEKS 2
|
Dalam
aspek ekonomi, air yang melintasi sungai bila memenuhi syarat kebersihan
dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan baku air minum dan sejumlah keperluan lainnya, termasuk
sarana transportasi perkotaan. Dalam aspek kelestarian lingkungan sungai
memiliki fungsi untuk menyalurkan
air dari hulu ke hilir (muara)
.
Hal tersebut menunjukan sungai berperan sebagai unsur dalam berlangsungnya siklus
hidrologi dan sebagai unsur pada kelangsungan siklus erosi. Keduanya sangat
mempengaruhi keseimbangan ekosistem daerah aliran (DAS) sungai.
|
Air
merupakan sumber daya alam (SDA) yang menyangkut hajat hidup orang banyak.
Rakyatlah yang berkaitan langsung dengan air. Ia sangat berguna untuk
memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tuntutan untuk bisa menikmati air menjadi
hak semua orang.
Pengelolaan air menjadi tanggung jawab semua pihak.
Tidak hanya pemerintah, mereka juga harus
mengupayakan pelestariannya. Peran aktif rakyat dalam pengelolaan SDA air
merupakan kebutuhan yang tak terhindarkan.
|
Kesimpulan kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
a.
Fungsi air berbeda-beda tergantung dari sudut mana ia
memandang.
b.
Air sama-sama dibutuhkan untuk kehidupan manusia,
bedanya bagaimana cara mengelola dan memanfaatkannya.
c.
Fungsi air dalam kehidupan manusia berbeda-beda satu sama
lain tergantung kebutuhannya masing-masing.
d.
Perbedaan air adalah pada fungsinya, yaitu fungsi air di
sungai dan di lingkungan pemukiman warga.
e.
Perbedaan air adalah pada cara pengolahannya, ada yang
dikelola oleh masyarakat ada pula yang dikelola oleh pemerintah.
30. Bacalah dengan saksama kedua teks di bawah ini!
Teks eksposisi
|
Teks prosedur kompleks
|
Setiap
pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan
Polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima
tuduhan, Anda akan diberi
surat tilang berwarna biru. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau
kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil
jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda.
|
Pertama,
kenali si petugas Polantas.
Kedua,
pahami kesalahan yang Anda lakukan.
Ketiga,
pastikan tuduhan pelanggaran apa yang Anda lakukan.
Keempat,
jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja kepada petugas.
Kelima,
jika terpaksa serahkanlah SIM Anda saja.
Keenam, terima
atau tolak tuduhan yang dberikan oleh Polantas.
|
Perbedaan antara dua teks tersebut
adalah ....
a.
Teks eksposisi menyuguhkan bahasa paparan biasa
sedangkan teks prosedur kompleks menekankan langkah-langkah yang harus dilalui.
b.
Teks eksposisi memerinci tiap kesalahan yang dilakukan
pengendara, sedangkan teks prosedur kompleks memerinci jawaban pertanyaan
petugas.
c.
Teks eksposisi memaparkan cara membayar denda ke bank
terdekat, sedangkan teks prosedur kompleks mengajak damai petugas di lapangan.
d.
Teks eksposisi memerinci warna surat tilang dari petugas,
sedangkan teks prosedur kompleks cenderung untuk menolak tuduhan.
e.
Teks eksposisi cenderung membingungkan pelanggar karena
disuruh memilih, sedangkan teks prosedur kompleks tegas untuk menolak.
31. Bacalah dengan saksama paragraf di bawah ini!
Ide mengalihkan masyarakat memakai
minyak tanah ke elpiji memang tidak seketika. Program itu sudah digulirkan
sejak Agustus 2006. Mestinya, banyak pengalaman dipetik oleh pemerintah agar
tidak terjadi kerumitan dalam menjalankan program konversi.
Sejauh penjelasan pihak pertamina,
jumlah rumah tangga dan usaha kecil menengah di Jakarta yang berhak menerima paket
konversi sekitar 1,5 juta keluarga. Masih ada sekitar 300.000 keluarga yang
belum menerima paket konversi yang berupa tabung dan kompor.
Masyarakat menggugat efektivitas distribusi paket tersebut.
Selama ini banyak terjadi distribusi paket yang salah sasaran. Sering yang
berhak menerima kenyataannya justru tidak mendapatkannya. Sementara itu,
pihak yang tidak berhak menerima paket tersebut justru mudah mendapatkannya.
|
Masalah yang dibahas dalam teks
tersebut adalah…
a. Penolakan masyarakat terhadap
penggunaan bahan bakar elpiji
b. Kesiapan pemerintah dalam melaksanakan
program konversi
c. Jumlah paket konversi bagi keluarga
miskin di Jakarta
d.
Pendistribusian paket korversi tidak tepat
sasaran
e. Penggelembungan dana untuk program
konversi.
32. Cermati paragraf berikut!
Mahir membaca mengandung makna melampaui kemampuan
membaca bunyi teks. Mahir membaca adalah mahir memahami makna wacana bacaan
secara mendalam disertai dengan kemampuan menafsirkan konteks dan wacana
tersebut. Mahir membaca adalah memahami karakter wacana. Mahir membaca
berarti mampu memahami kosa kata yang dipakai dalam teks. Dengan
demikian, seseorang dapat dikatakan mahir membaca apabila mudah memahami dan
menghayati isi wacana.
|
Bukti kalimat kesimpulan dalam
paragraf tersebut ditandai dengan kata ....
a. melampaui
b. mahir
membaca
c. wacana
bacaan
d. dengan demikian
e. menafsirkan
konteks
33. Bacalah dengan saksama dua teks berikut ini!
Orang-orang Flemish dan orang-orang Inggris dikalahkan di Bouvines
oleh Raja Perancis Philippe Auguste pada tahun 1214. Sebelum pertempuran itu, Sang Raja
memerintahkan didirikannya sebuah altar tepat di tengah-tengah kamp. Sang
Raja meletakkan mahkotanya yang bertuliskan “Au plus digne” atau “Bagi siapa
saja yang paling berjasa”.
Kepada para bangsawan dan ksatrianya, Raja berkata,
“Siapa yang bertempur paling baik dan memenangkannya akan menjadi raja, aku
akan melepaskan semua hakku
dan tidak memperoleh apa-apa kecuali kalian memberiku pertempuran terbaik
malam ini.”
Selama pertempuran itu, ia berperang bagai singa.
Ketika pertempuran selesai, para bangsawan yang masih selamat berkumpul
mengelilingi altar sambil mengelu-elukannya. “O, Rajaku engkaulah yang paling
berani !” Mereka menyerahkan kembali mahkota itu kepadanya.
Sumber: Anekdot Orang-Orang
Besar
|
Sopir
Taksi
Susi
harus bekerja sampai larut malam di kantornya.
Ketika ingin pulang Susi menyetop taksi untuk mengantarnya pulang. “Kebon
Jeruk ya Pak“
Sopir
taksi itu hanya menggangguk, selama perjalanan tidak terjadi percakapan
antara Susi dan Sopir Taksi, mungkin Susi merasa capek karena bekerja sampai
larut malam. 20 menit lamanya keheningan terjadi, tiba-tiba Susi ingat bahwa
uang yang dibawanya kurang untuk membayar ongkos taksi.
Susi
lalu menepuk pundak Sopir taksi dengan maksud berhenti dulu di depan untuk
mengambil uang di ATM.
Tapi
tiba-tiba setelah pundaknya ditepuk oleh Susi Sopir taksi itu secara membabi
buta membanting setirnya ke kanan kemudian ke kiri sambil berteriak secara
histeris, sampai akhirnya taksi itu menabrak sebuah pohon.
Untung Susi dan Sopir Taksinya tidak
mengalami luka yang cukup parah. Sopir Taksi itu kemudian meminta maaf kepada
Susi. “Maaf ya Bu, Ibu nggak apa-apa? Ibu sih make nepuk pundak saya,
kagetnya setengah mati bu!!”
“Lho,
masa sih ditepuk pundaknya aja kaget??
“Soalnya
ini hari pertama saya jadi sopir Taksi, Bu”
“Emangnya
pekerjaan bapak sebelumnya apa??“
“Selama
20 tahun saya jadi SOPIR MOBIL JENAZAH”
permintaan.html
|
Perbedaan tema kedua teks anekdot tersebut
adalah ....
a.
Teks Orang-Orang
Besar bertema perjuangan tanpa pamrih dari pemimpinya, sedangkan teks Sopir Taksi adalah kagetan.
b.
Teks Orang-Orang
Besar bertema demokratis, sedangkan teks Sopir Taksi adalah kesalahpahaman.
c.
Teks Orang-Orang
Besar bertema sayembara terhadap rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi adalah penumpang tak
beruang.
d.
Teks Orang-Orang
Besar bertema penjual mahkota kepada rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi adalah ugal-ugalan.
e.
Teks Orang-Orang
Besar bertema peperangan tanpa senjata dari rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi adalah bekas sopir mobil
jenazah.
34. Cermati dengan teliti teks sastra berikut ini!
Suatu
hari Datuk Maringgih pergi ke rumah Baginda Sulaiman yang sedang sakit untuk
menagih piutangnya. Di sanalah Datuk Maringgih terpesona melihat kecantikan
Siti Nurbaya. Datuk Maringgih memaksa Baginda Sulaiman untuk menjadikan Siti
Nurbaya sebagai istri mudanya kalau ayah Siti
Nurbaya tak sanggup untuk membayar utangnya.
Siti
Nurbaya menolaknya, karena dia sudah punya kekasih, yakni Syamsul Bahri. Tapi
Siti Nurbaya tak berdaya dan akhirnya dipersunting oleh Datuk Maringgih yang
berumur sebaya dengan ayahnya. Kabar tersebut sampai ke telinga Syamsul
Bahri. Hatinya sangat sedih dan mencoba bunuh diri.
|
Penyebab konflik
yang menimpa tokoh Siti Nurbaya adalah ....
a. Ayahnya
terpaksa mengawinkannya dengan Datuk Maringgih.
b. Datuk
Maringgih akan menyita seluruh harta ayahnya.
c.
Ayahnya tidak mampu membayar utang pada Datuk
Maringgih.
d. Ayahnya
diancam oleh Datuk Maringgih.
e. Pegawai
Belanda bertindak dengan kekerasan pada ayahnya.
35. Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Sebenarnya romo
tidak terlalu kolot. Beliau tidak menghalangi hubunganku dengan Sri,
anak orang biasa. Romo tidak mengharuskan aku kawin dengan seorang Den Ayu, atau
setidak-tidaknya anak orang terpandang. Hanya itu masalahnya, aku terlalu muda
untuk cepat-cepat kawin. Aku harus kuliah dulu, dan aku memang ingin kuliah.
Aku tidak mau sekedar menjadi camat seperti romo. Tapi... Pak Karto....
Watak Romo dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
a. demokratis
b.
kolot
c.
sombong
d.
tidak tegas
e.
materialistis
36. Cermati
kutipan cerpen berikut dengan
seksama!
Yang
kutunggu akhirnya berbunyi juga. Setelah membereskan buku-buku, aku segera
pergi ke belakang kantin, ada juga teman-temanku yang lain. Aku dan Nandito
pergi agak menjauh, agar tiada yang mengganggu Dito bercerita.
“Dit,
sebenarnya ada apa sih?” tanyaku memulai.
“Alicia,
kamu tahu gak siapa aku,” jawabnya.
“Nggak tahu
gimana, kamu ‘kan Nandito temanku,” bantahku cepat.
“Bukan itu,
maksudku, kamu ‘kan nggak tahu tentang kehidupanku yang sebenarnya meskipun
aku tinggal serumah dengan orang tua dan saudara-saudaraku, tetap aku tak
dianggap sebagai anak dan sebagai saudara. Aku seperti orang asing, setiap
omonganku tak pernah mereka dengar,” ceritanya lagi. “Begitulah aku. Diantara
delapan saudaraku, aku anak nakal. Dan akibatnya pergaulanku nggak karuan, aku
harus menerima akibat seperti ini. Aku suka ngelayap, jarang pulang. Aku
terpengaruh oleh teman-teman yang liar. Aku kecanduan obat.”
“Apa, jangan
ngawur kamu!”
“Memang
benar, ya beginilah aku.”
“Lalu sejak
kapan?”
“Dua tahun
yang lalu.”
“Gila lalu
sekarang?”
“Masih
seperti dulu, masih suka obat terlarang.”
“Teng, teng, teng ...” tiba-tiba bel berbunyi.
Dengan langkah berat aku dan Dito berjalan menuju
kelas
|
Keterkaitan
watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan saat ini
adalah ....
a.
Orang
yang memiliki sifat suka mencampuri urusan orang lain.
b. Seseorang
yang berpura-pura sangat perduli dengan keadaan orang lain.
c. Ketidaksanggupan
seseorang menghadapi permasalahan kehidupannya.
d. Sikap terus terang menceritakan keburukannya kepada
orang lain.
e.
Ketidakpedulian
terhadap masalah yang
menimpa orang di sekitarnya.
37. Bacalah dengan saksama penggalan di bawah ini!
Novel Sabtu Bersama Bapak yang ditulis oleh
Adithya Mulya menceritakan sebuah keluarga. Pak Gunawan dan Bu Itje memiliki
dua anak laki-laki, Satya dan Cakra. Kisah bermula ketika Pak Gunawan terkena
penyakit kanker dan hanya mempunyai waktu satu tahun lagi berkumpul bersama
keluarganya. Di tengah perjuangannya melawan kanker, Pak Gunawan menyempatkan
membuat video untuk ditonton kedua anaknya. Video-video tersebut berisi
nasihat dan bekal kehidupan untuk kedua anaknya. Setalah Pak Gunawan
meninggal, kedua anaknya mempunyai kebiasaan menonton video tersebut di hari
Sabtu. Novel ini penuh dengan pesan pendidikan, terutama pendidikan orang tua
kepada anaknya.
|
Kalimat resensi yang menunjukkan kelebihan
novel tersebut adalah ...
a. Novel Sabtu Bersama Bapak yang
ditulis Adithya Mulya lebih cocok dikategorikan ke dalam sebuah cerita biografi
karena menceritakan kisah kehidupan seseorang hingga maninggal.
b. Adithya Mulya dalam novelnya menyajikan peristiwa-peristiwa yang tidak
menggugah perasaan pembaca, terutama saat penulis melontarkan lelucon.
c. Novel Sabtu Bersama Bapak yang
ditulis oleh Adithya Mulya menggambarkan kehidupan anak remaja saat ini yang
jauh dari pendidikan orang tuanya.
d. Cerita-cerita dalam novel Sabtu
Bersama Bapak ini sangat menggugah perasaan pembaca sehingga tidak
mengherankan jika novel ini best seller.
e. Novel Sabtu Bersama
Bapak ini penuh dengan pesan pendidikan sehingga dapat menjadi bacaan bagi para orang tua dan calon orang tua.
38.
Bacalah kutipan sastra melayu klasik berikut ini dengan
cermat !
Setelah
Bachtiar besar saudagar Idris datang menghadap sang Raja bersama-sama
Bachtiar. Raja sedang dihadap oleh para menterinya. Tiba-tiba ada yang
mengemukakan pertanyaan kepada raja dan pertanyaan itu tak dapat dijawabnya.
Para menteripun tak seorang juga yang sanggup menjawab. Bachtiar menyatakan
kepada baginda bahwa ia kalau diperkenankan baginda sanggup menjawabnya. Raja
sangat tercengang mendengar jawabannya, dan ia minta kepada saudagar Idris
supaya Bachtiar tinggal di sana di istananya. Kehadiran Bachtiar di istana
itu menyebabkan cemburunya para menteri karena mereka sudah tidak diajak
bicara oleh raja.
Para
menteri bermufakat hendak mencelakakan Bachtiar. Daya upaya mereka berhasil
dengan memfitnah Bachtiar berbuat jahat dengan seorang perempuan di istana.
Ia dipenjarakan, tetapi para menteri menuntut hukuman mati.
Bachtiar
bermohon berjumpa dengan raja. Di hadapan raja Bachtiar yang cerdik itu
berceritera tentang pemikat burung. Pada suatu hari, pemikat itu mendapat
seekor burung yang sangat cantik. Burung itu dipersembahkannya kepada raja.
Akhirnya pemikat burung itu disenangi raja dan tinggal dengan senangnya di
istana.
Hikayat Bachtiar
|
Isi ringkas penggalan cerita tersebut adalah ....
a.
Bachtiar,
saudagar, sang Raja, dan para menterinya yang selalu hidup rukun.
b.
Rasa
senang raja kepada Bachtiar yang diantar saudagar Idris ke istana raja.
c.
Seorang
saudagar yang mengantar anaknya kepada sang raja untuk mengabdi.
d.
Karena cemburu, para menteri bersiasat mencelakakan Bachtiar, tetapi gagal.
e.
Raja
yang tak bisa berlaku adil kepada menterinya sehingga selalu menyalahkan.
39. Bacalah dengan teliti kalimat acak di
bawah ini!
(1)
Usia
dini, merupakan masa kritis yang keberhasilannya sangat menentukan kualitas
anak didik di masa dewasa.
(2)
Anak
yang ditelantarkan akan kurang asupan gizi, tidak mendapat perlindungan
kesehatan, dan tidak mendapat pengasuhan yang benar dan stimulan pendidkan
(3)
Kebutuhan
tumbuh kembang yang mencakup gizi, kesehatan dan pendidikan, merupakan satu
kesatuan yang tidak bisa dilepaskan dan anak tidak boleh diterlantarkan.
(4)
Jika
terlantar seperti ini, sekalipun merupakan anak orang berada bahkan kaya
raya, perkembangan kecerdasannya bisa tidak optimal.
(5)
Mendidik
anak dalam usia dini, bukanlah hal yang gampang.
|
Urutan kalimat-kalimat tersebut dalam
paragraf yang padu adalah ....
a.
(1)-(2)-(3)-(4)-(5)
b.
(1)-(3)-(5)-(4)-(2)
c.
(5)-(1)-(3)-(2)-(4)
d.
(5)-(1)-(4)-(3)-(2)
e.
(4)-(3)-(2)-(1)-(5)
40. Perhatikan dengan cermat kata berimbuhan dalam kalimat di
bawah ini!
Pagi merekah di ufuk
timur ketika kami sampai di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban,
Kabupaten Tulung Agung – berbatasan dengan Kabupaten Blitar – setelah
semalaman membelah jalanan sejauh 150 kilometer dari kota Surabaya.
Kedaulatan
Rakyat, 2 Januari 2016
|
Kata yang
bermakna sama dengan kata ufuk timur dalam kalimat tersebut terdapat dalam
kalimat ....
a.
Kami melewati jalanan
menanjak, menurun, dan berkelok menggapai perbukitan yang dikerumuni pepohonan
tinggi, menjulang dalam balutan kabut tebal.
b.
Meski cenderung masih pagi dan sedikit gelap,
suasana desa di penghujung perbukitan ini sudah riuh oleh obrolan pengunjung.
c.
Kebanyakan pengunjung adalah anak muda yang kebanyakan
sudah bermalam di tempat ini bersama teman-temannya.
d.
Tempat parkir sudah penuh dengan mobil bertipe SUV dan
bus mini, mereka kebanyakan datang dari kota Surabaya dan cekitarnya.
e.
Dulu pantai yang dikenal dengan nama Kedung Tumpang ini
hanyalah tempat yang digunakan warga setempat untuk memancing.
41.
Bacalah
dengan cermat kalimat di bawah ini!
Katakan,
uang adalah kebutuhan dan uang adalah bagian hidup yang tak bisa dilepaskan
dari setiap orang
|
Kalimat
yang bertujuan sama dengan kalimat di atas adalah ....
a.
Katakan, bahwa tidak semua orang butuh uang.
b.
Katakan, bahwa tidak hanya orang hidup yang butuh uang.
c.
Katakan, bahwa orang mati sama sekali tidak butuh
uang.
d. Katakan, bahwa setiap orang hidup membutuhkan uang
e.
Katakan, bahwa orang setengah mati tidak butuh uang.
42. Cermati data di bawah ini dengan saksama!
Beberapa hal yang harus
diperhatikan oleh pembaca puisi :
1. penghayatan
2. pelafalan
3. intonasi
4. ekspresi
5. gestur
|
Paragraf yang tepat sesuai isi data tersebut adalah …
a.
Pembaca puisi
yang baik harus dapat menghayati isi, melafalkan kata-kata dengan jelas, dan dengan intonasi yang tepat. Selain itu, harus mengekspresikan dengan baik dan
didukung dengan gestur yang tepat.
b.
Pembaca puisi yang baik
harus dapat menghadirkan puisi dengan penuh ekspresif, full power, keras agar terdengar oleh seluruh penonton. Di samping
itu, ia harus dapat menyesuaikan dengan kondisi panggung.
c.
Dalam membaca puisi,
calon pembaca harus memelajari beberapa teori yang berkaitan dengan teknik
membaca puisi. Selain itu, calon pembaca harus banyak berlatih vokal, gestur,
dan berekspresi di depan cermin.
d.
Dalam membaca puisi
harus memerhatikan ekspresi, lafal, dan gestur, sedangkan intonasi dan
penghayatan boleh diabaikan karena kedua unsur tersebut tidak terlalu penting
dalam memaknai puisi.
e.
Hal yang harus
diperhatikan dalam membaca puisi antara lain penghayatan, ekspresi, dan gestur,
sedangkan pelafalan dan intonasi boleh sedikit diabaikan karena unsur tersebut tidak
berpengaruh terhadap makna puisi.
43. Cermatilah
paragraf rumpang di
bawah ini dengan saksama!
Pemerintah telah melakukan operasi harga sembako di pasar ... para pedagang
tetap mematok harga yang tinggi pada pembeli. Seharusnya para penjual menaati
kebijakan pemerintah. ..., mereka cenderung melanggar kebijakan tersebut. Pemerintah akan menindaklanjuti pelanggaran
tersebut ... pemerintah memiliki banyak kendala.
Kata penghubung yang
tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….
a.
namun,
serta, apabila
b.
namun, sebaliknya, akan tetapi
c.
meskipun,
karena, bahkan
d.
dan,
namun, yakni
e.
sebab,
yaitu, misalnya
44. Bacalah
pargaraf di bawah ini dengan saksama!
Anak
perempuan perlu diajarkan untuk mengelola keuangan, termasuk diajarkan cara menawar dan
memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
|
Kalimat tersebut akan menjadi standar dan efektif apabila
diubah menjadi ....
a.
Anak
perempuan perlu diajari
untuk mengelola keuangan, termasuk
diajarkan cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali
bertransaksi.
b.
Anak perempuan perlu diajari cara mengelola keuangan, cara
menawar, dan memeroleh
harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
c.
Anak
perempuan perlu diajarkan tentang
mengelola keuangan, termasuk
diajarkan untuk
menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
d.
Anak
perempuan itu perlu
diajarkan tentang
mengelola keuangan, termasuk
diajarkan cara menawari
dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
e.
Anak
perempuan perlu diajari
untuk mengelola keuangan, termasuk
diajarkan tentang
cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
45. Bacalah paragraf berikut ini dengan saksama!
(1) Di
Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifkan jam kerja,
minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah
dan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. (2) Pemogokan pertama kelas pekerja
Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja Cordwainers. (3) Pemogokan ini membawa para
pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas
pekerja di era tersebut bekerja 19 sampai 20 jam per hari. (4) Sejak saat itu perjuangan untuk
menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di
Amerika Serikat. (5) Amerika
Serikat memang negara yang kurang memperhatikan kaum buruh sehingga sering
terjadi demonstrasi.
|
Kalimat nomor lima tidak mendukung kalimat utama,
perbaikan yang tepat adalah ....
a.
Agenda bersama itu akhirnya diwujudkan oleh pemerintah
Amerika Serikat dengan sangat panjang dan melelahkan oleh kelas pekerja.
b.
Agenda bersama itu akhirnya terwujud berkat
perjuangan yang sangat panjang dan melelahkan oleh kelas pekerja.
c.
Agenda bersama itu akhirnya terwujud oleh Pemerintah
Amerika Serikat dengan upaya yang tidak begitu melelahkan kelas pekerja.
d.
Pemerintah Amerika Serikat mau mewujudkan tuntutan para
buruh asal dengan syarat tidak melakukan demonstrasi.
e.
Para buruh terus melakukan demonstrasi sampai tuntutannya
dipenuhi oleh Pemerintah Amerika Serikat.
46. Bacalah kalimat di bawah ini dengan saksama!
“Untuk Dana Desa (DD) tahap ketiga tidak masalah karena
pemerintah telah mencairkan ke rekening desa. Sebagian besar desa di
Kulonprogo sudah mencairkan,” ujar Sugino, Kepala Bidang Pemerintahan Desa
(Pemdes) Pemkab Kulonprogo, kemarin.
Kedaulatan Rakyat, 2 Januari 2016
|
Kalimat di atas akan menjadi kalimat
yang efektif jika ....
a.
Kata ‘untuk’ dan kata ‘karena’ dihilangkan
b.
Kata ‘masalah’ diganti dengan ‘bermasalah’
c.
Kata ‘karena’ dan kata ‘Dana Desa’dihilangkan.
d.
Kata ‘untuk’ dihilangkan, kata ‘masalah’ tetap saja.
e. Kata ’untuk’ dihilangkan, ‘masalah’ diganti ‘bermasalah’
47. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Sementara di Hotel Hyatt Regency Yogya, 1.000
lampion diterbangkan ke langit bersama harapan pada tahun 2016 di Bogey’s
Teras. (2)“Dalam setiap lampion yang diterbangkan, terdapat tulisan akan
harapan pada tahun 2016. (3)Kita percaya pada tahun 2016 lebih baik ketimbang
tahun sebelumnya,” ujar Ayu Hellena Coenellia, marketing Communication hotel
Hyatt Regency Yogya.
Kedaulatan
Rakyat, 2 Januari 2016
|
Kalimat nomor (2) tidak efektif karena tidak bersubjek,
penyebabnya adalah ....
a. Penggunaan kata ‘dalam’ di awal kalimat.
b.
Penggunaan frasa ‘setiap lampion’
c.
Penggunaan frasa ‘akan harapan’
d.
Penggunaan frasa ‘yang diterbangkan’
e.
Penggunaan kata ‘pada’ dan ‘tahun’
48. Perhatkan dengan teliti penulisan gelar dalam kalimat di
bawah ini!
PROF. DR. Dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. adalah ahli
bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
|
Penulisan gelar akademik dalam kalimat tersebut tidak
sesuai EYD, seharusnya adalah ....
a.
PROF. DR. Dr. Suharjo
Marto Husodo, m.m. adalah ahli bedah mata di
Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
b.
PROF. dr. Dr. Suharjo Marto Husodo, M.M.
adalah ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
c.
Prof. DR. Dr. Suharjo
Marto Husodo, M.M. adalah ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
d.
PROF. DR. dr. Suharjo
Marto Husodo, M.M. adalah ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
e.
Prof. Dr. dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. adalah
ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
49. Cermati kalimat di bawah ini dengan teliti!
Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan
dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara
bersih; dengan berjalan-jalan di pusat kota.
|
Untuk memperbaiki kalimat di atas, penggunaan tanda baca
yang tepat adalah ....
a.
Tatkala hujan mulai turun, setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan: warga
Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan-jalan di pusat kota.
b.
Tatkala hujan mulai turun, setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan, warga Kalimantan tengah mulai
menikmati udara bersih dengan berjalan-jalan di pusat kota.
c.
Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan
dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara
bersih; dengan berjalan jalan di pusat kota.
d.
Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan
dilanda kabut kebakaran hutan: warga
Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih: dengan berjalan-jalan di pusat kota.
e.
Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan
dilanda kabut kebakaran hutan; warga
Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan-jalan di pusat kota.
50. Cermati kalimat di bawah ini!
Raja
Juan Carlos berkata. “karena
alasan-alasan itu, semua, saya memutuskan
untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
|
Perbaikan ejaan kalimat tersebut yang tepat adalah ....
a.
Raja
Juan Carlos berkata. “Karena alasan alasan itu, semua, saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
b.
Raja Juan Carlos berkata, “Karena alasan-alasan itu semua,
saya memutuskan untuk
mengakhiri masa pemerintahan saya.”
c.
Raja
Juan Carlos berkata: “karena
alasan-alasan itu, semua: saya
memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
d.
Raja
Juan Carlos Berkata; “Karena
alasan-alasan itu, semua, saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan
saya.”
e.
Raja
Juan Carlos berkata. “Karena alasan-alasan itu, semua; saya memutuskan
auntuk mengakhiri masa pemerintahan saya”.
0 komentar:
Posting Komentar